Saturday, June 2, 2012

Renungan : Kehidupan

Sesungguhnya hidup itu sangatlah singkat, dan anehnya akan terasa lebih singkat lagi bagi mereka yang menjalani hidup dengan penuh arti. Sementara akan terasa lebih panjang bagi mereka yang tidak memaknai kehidupannya. Bukankah arti kehidupan adalah cara kita memaknainya? Kini dan nanti, aku senantiasa bertanya, apakah sebenarnya makna dari kehidupanku?Seringkali aku merasa seperti aku memahami sesuatu, tapi pada saat yang lain, pikiran saya bagaikan latihan mental yang tak berguna. Hidup sangatlah luas. Penuh dengan misteri yang kadang belum juga sempat memaknainya, sebagian lainnya hilang dan apa yang coba kumaknai pada hidup itu sendiri pun terlanjur hilang.

Kehidupan seperti pasir yang terlepas melalui sela-sela jemariku. Ketika aku berusaha untuk menggenggamnya lebih erat, meremasnya, dia terlepas lebih cepat. Tapi ketika aku mencoba membiarkannya lepas, dia tetap tinggal di tanganku. Kadang aku berpikir, untuk menghargai hidup lebih baik, seseorang tidak perlu menggenggam terlalu erat tapi tidak seharusnya pula membiarkannya berlalu begitu saja. Pasir pada jam pasir adalah salah satu contoh kehidupan. Lebih baik membiarkannya mengalir dengan alami, tetapi tidak juga membiarkannya berlalu begitu saja.
Bagaimana cara kita menjalani hidup seringkali ditentukan oleh prioritas-prioritas yang kita miliki. Dan kehidupan sangatlah universal, mampu member kita segalanya yang dapat kita jadikan berbagai prioritas.Seorang murid yang sangat ingin keluar dari kemiskinan akan berkata, Hidup akan sangat tidak berarti jika aku tidak menyelesaikan studiku. Seorang wanita yang sedang jatuh cinta akan berkata: Jika aku kehilangan dia sekarang, hidup tidak akan bermakna lagi bagiku. Dan seorang alkoholik yang gemetaran menahan kebutuhannya akan minuman, akan rela memberikan apapun yang dia miliki, meskipun itu berupa harga dirinya, untuk sebotol minuman keras.

Saat ini kita melihat dengan tidak jelas, seperti dalam cermin, tapi kelak aku akan mengetahui sepenuhnya. Jadi keyakinan, harapan, cinta, 3 hal tersebut, akan tetap ada. Tetapi yang terbesar tetaplah CINTA....

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...